Twenty Things About… kihyukha

tumblr_n6emgwKXbb1td54hio1_500

Tag-an dari kawan-kawankuh Nabil (slmnabil) dan Veli (doremigirl). Silakeun dibaca punya mereka!

Btw this is my first time to do this kind of thing so I feel excited and confused at the same time because I don’t see the needs for people to know about me? Tapi saya suka ngomongin hal yang saya suka jadi kayaknya di sini bakalan bacot deh MUAHAHU. Dan juga karena Nabil dan Veli adalah salah dua keluargaku di IFK, jadi, okeh. Kujawab tantangan kalian.

1. Your real name?

Fikha. Seantero orang yang kenal saya juga kayaknya udah tau karena saya emang lebih nyaman dipanggil pakai nama asli??

2. Your current pen-name? When do you start using your current pen-name?

kihyukha, sedari 2011 akhir atau 2012 awal.

3. Story behind your pen-name?

Ini emang agak menjijikkan tapi waktu itu saya lagi demen-demennya sama Super Junior, dan bias saya ada tiga: Hyukjae, Kibum, Kyuhyun. Saya suka banget Kibum Kyuhyun karena mereka magnae dan dua-duanya so kiyowo apalagi Kibum?? Awalnya namanya KiHyun aja. Tapi entah kesambet apa jadi ditambah kha di belakangnya. Terus dipake deh sampai sekarang.

4. Where to find you?

Penginnya ngomong di sekolah tapi abis itu sedih karena sekarang saya gak akan dateng jam setengah tujuh pulang jam tiga lagi??😦

Kalau lapak menulis:

  • Blog pribadi, di sini. Tapi saya engga pernah cerita apa-apa sih di sini cuma posting fenfik itu pun tidak lengkap.
  • Indonesia Fanfiction K-Pop. Blog sesungguhnya karena dialah yang dibuat pertama sebelum blog ini bahkan terpikirkan.
  • BIGBANG FanFiction. Dulu (berjuta-juta tahun lalu) lumayan aktif tapi sekarang udah ngga lagi karena udah jarang nulis Bigbang huhu maafkan aku Chan unnie punya draft Bigbang engga selesai-selesai. :((
  • For Myungsoojung. Didedikasikan untuk Mas L dan Mbak Krystal. Ya meskipun Mbak Krystal sudah ada yang punya… ralat, sudah ada yang jaga, tapi gapapa aku tetap cinta.

5. Why do you write?

Ngga tau ya?? Saya rasa sih karena saya suka baca, punya imajinasi, dan pengen mewujudkan imajinasi itu menjadi sesuatu yang bisa dinikmati paling ngga oleh saya sendiri. Dulu pas SD buku apa pun, dari psikologi sampai teenlit, saya baca. Awalnya cuma suka bikin komik, tapi abis itu belajar ngetik, akhirnya jadi seneng nulis. Sempet juga bikin novel horror kolaborasi sama temen jadi semacam Ghostbumps gitu judul seriesnya Seldom cuma ga selesai HAHA ceritanya juga ga jelas. Dari dulu emang arahnya sebenernya lebih ke novel daripada cerpen-cerpenan. Akhirnya pas SMP suka K-pop, baca ff, terus mikir, “Eh gue juga mau jadinya bikin-bikin beginian, pendek-pendek gini seru kayaknya”. Akhirnya bermulalah babak baru dalam menulis. Dibangunlah IFK.

6. Where do you usually get inspiration for your writing?

Mostly imajinasi random anugerah dari Allah. Sebagian besar dari deep thoughts. Dari merhatiin sesuatu, dari mempertanyakan sesuatu, dari mengevaluasi diri. Dari nonton anime atau baca manga (karena, sungguh, ide-ide orang Jepang suka sekali mendobrak apa yang sudah ada), baca novel, atau nonton film.

7. Genre you usually write?

Biasanya paduan Action-Adventure-Fantasy atau kebalikannya, Slice of Life. Comedy biasanya ditulis tapi jarang selesai because I’m a tsukkomist so I really love ranting about a lot of things tapi pada dasarnya ranting-nya tsukkomist kan mengomeni sesuatu ya dan mengomeni ini biasanya muncul secara spontan jadi ngga bisa disusun jadi cerita utuh!? Contoh, lo enggak akan jadi sekaya orang di Get Rich kalau kerjaan lo cuma main Get Rich. Ada ironi di situ karena Get Rich tapi engga bikin rich?? Kecuali ada kompetisi Get Rich apa gitu yang hadiahnya 10 miliar.

Nah ke mana-mana kan jadinya. Terus, saya suka banget misteri. Plot yang bertumpuk-tumpuk, susun-menyusun seperti puzzle, yang penuh sebab-akibat, yang bikin mikir dan memaksa pembaca buat merhatiin clueclue yang ada. Yang mind-blown lah istilah populernyah. Some truths behind a truth. Dan biasanya saya bungkus itu dalam genre fantasi. Suka juga sih sama psikologi. Atau words vomit di mana karakternya saling debat satu sama lain.

8. Genre you usually read?

Fantasy, Action, Adventure, Dark, Mystery, Thriller, and Comedy because sure why not. Tapi di dalam itu semua harus ada slice of life dan character development karena saya senang banget sama tokoh yang punya perkembangan. Saya suka cerita yang fokusnya character-drivenRomance juga biasanya ngga lepas dari itu semua jadi ya udah natural Romance ada? Saya juga suka banget kalo nemu cerita yang family atau friendship-nya nendang.

9. Current interest in writing?

Fantasy, Adventure, Psychology, Words-vomit, belum jauh-jauh dari itu. Saya suka cerita yang penuh dengan simbol. Mau mencampurkan realita dengan alternate universe ciptaan sendiri. Visinya adalah untuk menyadarkan generasi muda bahwa, “Ini loh dunia lo. Di balik perdamaian yang disebut-sebut sama pemimpin dunia, ternyata dunia lo udah sehancur ini” sekaligus nunjukkin kalo masih ada harapan buat dunia asalkan manusianya mau menjadi lebih baik. Keinginan itu sedang saya coba tumpahkan ke seri Black Circus. Prosesnya lama dan susah, butuh kontemplasi bagian ini taruh di mana, gimana supaya feel-nya dapat ke pembaca, gimana supaya saya ngga terkesan memaksakan cerita, gimana supaya penulisannya menarik dan tidak monoton. Menulis fantasi, jujur, sangat menantang karena logika ceritanya tetap harus dipertahankan, tidak boleh hilang. Saya sering stress gara-gara ini tapi ya udah salah sendiri ambisinya gede???

10. Your typical favorite fictional character?

  • Saya suka karakter cowok yang straight-forward, apa adanya. Yang jelas definisi paling oke dari tokoh cowok favorit Fikha ialah Yuusuke Fujisaki a.k.a Bossun dari animanga Sket Dance! karena dia definisi Fikha versi cowok yang parah banget dan juga Sohei Sasahara a.k.a Sasayan dari animanga My Little Monster karena orang ini sangat asyik dan jujur kepada dirinya sendiri kayak dia suka sama orang sama sekali ngga ditutupin dan dia ngakunya segampang itu???
  • Saya suka cewek yang tidak menye (kayaknya kebanyakan sukanya yang kaya gini juga ya). Mau kalem kek, mau berisik kek, yang penting dia bukan tipe yang langsung mencari pangeran kalau dia sedang kesusahan. Saya suka anak yang tulus tapi awkward karena awkward adalah definisi seseorang terasa real. Juga introspektif, kalau bisa. Deoksun-nya Reply 1988 mirip-mirip kayak gini, karena itu saya cinta Reply 1988. Taek juga termasuk tipe cowok yang saya suka kayak di atas.
  • Dan mostly saya suka tokoh-tokoh yang deep.
  • Dan biasanya juga, saya suka karakter tergantung motivasi dia dan juga keadaan di cerita, sih? Kalau dia karakter yang mandiri tapi kondisinya di situ he/she can’t help but depend on people, ya kenapa ngga.

11. Name your own favorite fiction(s) and the reason why?

Kalau fenfik sih engga ada HAHAHA karena semuanya belum memuaskan diri saya sekaligus sudah bikin puas aduh apa ya namanya. I want to achieve something higher than that tapi bedeuh gaya bener padahal nulis aja belom sebagus itu. Tapi kalo semua fiksi yang ditulis tentulah Black Circus karena saya mencurahkan segala perhatian dan pikiran dan perasaan saya supaya bisa menggodok karya ini menjadi punya nilai dan bisa dinikmati khalayak.

12. It might sound narcistic, but what’s something special from your writing?

Ngga tau?? Cuma saya merasa ketika saya menulis, saya sedang mengevaluasi diri saya dan mendiskusikan pemikiran-pemikiran saya lewat karakter-karakter saya. I write with raw emotions, along with cold touches of logic. Jadi saya merasa ketika saya menulis, saya sedang jujur kepada diri sendiri. Saya sedang mengupas berbagai sisi pada diri saya. Dan saya pikir saya punya ide-ide yang jarang dimiliki orang banyak, meski bukan ide original karena nga ada yang namanya original, dan pasti dicibir bu bos karena ide-idenya fantasi-fantasi lagi, tapi saya bangga sih karena ngga semua orang bisa berimajinasi tinggi dan menuliskannya.

13. Aspects you still feel lacking?

Efektivitas kalimat. Masih suka tell daripada show. Kadang-kadang kata-katanya gitu-gitu aja. Suka kehilangan jati diri kayak “Sebenernya tulisan gue kaya gimana sih dulu kok penyusunan kalimatnya lancar-lancar aja” lalu nge-down sendiri.

14. Biggest challenge you’ve ever encountered when writing something?

Nulis yang perlu research, betul, karena beberapa hal engga bisa sembarangan. Meski namanya fiksi bukan berarti semua logika yang ada di dalamnya fiksi. Terus, berusaha supaya semua clue yang saya jalin di dalam cerita bisa berhubungan dengan baik. Itu susah. Terakhir, males. Senengnya berimajinasi tapi ngga ditulis, kek?? Ga guna banget khayalan lo??

15. About your writing, what do you want to accomplish next?

Setiap satu buku dari serial Black Circus bisa selesai ditulis dengan baik, mendapat apresiasi, dan paling tidak ada orang-orang yang mau menganalisis setiap bagian dari ceritanya karena setiap detail yang saya tuliskan ada maksudnya, dan saya ngga mau mengungkapkan arti dari semuanya satu-persatu karena itu ngga bikin orang mikir. Tapi di saat yang sama saya juga khawatir orang tidak paham apa yang saya maksud, atau tidak bisa melihat dari sudut pandang satu karakter yang saya maksudkan, karena ketidakmampuan saya dalam menyampaikannya.

Juga, saya mau bisa produktif menulis fanfiksi, menyelesaikan fanfiksi chapter yang masih ngutang.

16. What is something you usually avoid when writing?

Penggunaan kata yang sama terus-menerus, plot yang sudah umum diambil sama orang, terlalu memikirkan diksi sehingga apa yang mau diceritain itu ngga sampe, being someone else.

17. What is something you really want to improve from your writing?

Setiap kata yang ditulis bisa terjalin dengan indah, tapi sederhana dan orang paham maksudnya. Kayak wow orang kok bisa bikin yang simpel-simpel tapi menarik hati sih? Saya ora paham. Juga penyampaian feeling ke pembaca. Ngga tau ya, tapi saya pengen banget orang bisa mengerti motivasi dan perasaan juga pikiran tiap-tiap karakter saya.

18. Do you have other interest aside from writing? And reasons why?

Film dan Animasi. Saya selalu tertarik sama apa pun yang punya cerita. Sekarang saya lagi belajar sinematografi, dan In Syaa Allah bisa menekuni animasi dalam waktu dekat ini. Saya pengin pake banget jadi animator macem Hayao Miyazaki. Saya juga seneng musik, games, dan entah kenapa pembangunan transportasi dan infrastruktur di Indonesia HAHA percaya ga percaya saya setiap hari ngecek portal berita supaya bisa dapet apdetan soal MRT dan LRT. Intinya, saya suka berita-berita positif karena itu membuat saya jadi lebih positif.

19. If you have ability to master one skill in one night, what skill will you choose?

I truly enjoy my learning process. Itu memberikan saya pengalaman dan pemahaman yang lebih dalam. TAPI kalau one skill in one night ofkors membuat animasi 2D dan 3D sekaligus karena saya seenggaksabar itu untuk bikin at least short-film animasi!!!

20. Protips from you for whomever read this?

  • Bicara tentang thinking outside the box, kita harus tau apa itu box-nya. Tapi semakin kita tau, kita akan sadar bahwa there’s no box. Kayak yang udah saya bilang tadi juga, namanya ide di dunia ini gaada yang original. Setiap ide itu adalah hasil ‘mencuri’ dari banyak karya, dari banyak contoh, dari banyak peristiwa. Makanya jangan takut dengan ide mainstream. Bagus kalau kita punya ide kreatif yang langka, tapi kalaupun belum ketemu, buat pemanasan sebelum bikin ‘masterpiece‘, ide-ide yang kita anggap mainstream bisa tuh dipake buat ‘tangga-tangga menuju ke masterpiece‘.
  • Setiap bagian dari ide kita akan jadi berharga kalau kita tau bagaimana menghargainya. Bagaimana membungkusnya. Jadi, ide dasar mainstream itu ngga masalah, tantangannya selanjutnya adalah bagaimana pengemasannya. Kalau nengok film horror, sebenernya kebanyakan ceritanya gitu-gitu aja kan, dia pindah ke rumah baru, ternyata rumah baru itu ada hantunya, atau hantu itu ngikutin dia dari rumah lama. Tapi penontonnya masih aja banyak. Kenapa? Karena kemasannya beda. Judulnya beda. Karakternya beda. Dsb.
  • Kemaslah cerita menurut selera kita. Ngga setiap pembaca dan penulisnya itu like-minded, tapi di antara pembaca itu, percaya aja kalau salah satunya adalah seseorang yang bisa mengerti kita dan karya kita seutuhnya (hah lebay ya) (lebay banget sih).

++

Saya yakin saya adalah yang terbacot seantero tanah air.

Tag sepuluh orang… hmm… ajak anak IFK dan FMSJ segumprang boleh kali ya yang kira-kira belum di-tag Nabil sama Veli jadi maaf kakak-kakak dan teman-teman aku nge-tag di page About dan Sticky kalian. Kak rineema, Kak 21browniepoints, phynz20, Kak SleepingPanda, jojujinjin, Kak Pikabuddy, lightless_star, semingyu, galaxysyf, Kak bayunavanto (HAHAHA ISI KAK ISI SUPAYA GEGADIS FANGIRL TAHU). Yeay pas 10! Semangat semua!

12 responses to “Twenty Things About… kihyukha

  1. IYA ATUH DILANJUT FANFICTION CHAPTERNYAAA /lirik existentia/ selalu ditunggu loh itu lanjutannya. Bikos you’re truly the best fantasy author di Indonesiaan gini, serius deh. Hehe.

    • HAHAHAHAHAHA BISMILLAH YA BIL SUMPAH ITU UDAH DITULIS CUMA GAPERNAH DISELESAIN BUSET SEMALES ITU SAYA??? Aamiin, mungkin karena kamu belum nemu yang lain bil tapi in syaa Allah aku akan memenuhi pernyataanmu itu bismillah!!!

  2. Pingback: Twenty Things About rineema – Daydream Fantasy·

  3. aduh ini khas budir banget lah yeokshi bu fikha. aku suka sama statement kamu yang semua ide itu dasarnya nyuri dari ide yang lain :’) aw, wise word banget karena tidak ada ide yang sepenuhnya original huhu. setuju banget. dan aku baru tahu sekarang asalnya nama kihyukha itu darimana HAHAHA.

    yaudah deh semangat menulisnya, fikhaa semoga bisa nelurin buku lagi❤

    • yeokshi mba veli annyeong!! sesungguhnya aku pun mencuri statement itu dari orang lain HAHA jadi statement-ku pun tidak original tapi ada benernya kans. sumpah aku juga baru tau tentang doremigirl!!

      semangat juga menulisnya veliii. aamiin!!

  4. Pingback: Hai, Pat! – Royal Kingdom·

  5. Pingback: Tina’s Pick | CHIONEBOX·

  6. Pingback: Veli’s Pick – One Cup of Dreams·

Will You Give Me A Happiness? :)

